Salah satu elemen penunjang fasilitas kebersihan rumah adalah wastafel. Wastafel merupakan salah satu piranti kebersihan yang sangat fungsional dalam sebuah hunian khususnya kamar mandi. Dahulu sebuah kamar mandi dapat dikatakan baik bila telah dilengkapi oleh kloset, keran air, saluran pembuangan dan bak mandi.  Namun kini fungsi ini tak lagi cukup. Wastafel menjadi keharusan khususnya bagi Anda yang tiggal di daerah perkotaan dengan tipe hunian minimalis modern.

Keberadaan wastafel dapat mempengaruhi tampilan desain kamar mandi. Apalagi kini bentuknya kian variatif. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan selera dan desain interior rumah.

Namun banyak fakta penting mengenai wastafel yang belum diketahui para penghuni rumah, dan tergantung kondisi hal ini dapat mempengaruhi kebersihan rumah dan kesehatan penghuninya.

Secara fungsi, wastafel digunakan sebagai tempat untuk membasuh tangan, mencuci muka, menyikat gigi, mencukur, atau membersihkan bagian-bagian tubuh tertentu, dan menunjang kegiatan sehari-hari. Penempatannya tidak melulu di dalam kamar mandi, hanya saja letaknya biasanya tidak berjauhan dengan kamar mandi atau dapur. Sekiranya di kamar utama, maka penempatannya biasanya di depan kamar mandi kamar.

Seiring perkembangan zaman, ragam dan bentuk wastafel sangat variatif, demikian juga dengan komposisi materinya. Anda yang sedang bingung menentukan jenis material yang sesuai, berikut beberapa referensi material yang dapat dijadikan alternatif dan disesuaikan dengan konsep rumah.

Tidak masalah jika Anda menyewa atau membeli rumah Anda, setiap orang akan berakhir dengan wastafel dapur yang tersumbat sesekali. Menyewa tukang ledeng untuk mengurus suatu pekerjaan bisa jadi mahal. Ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan sebelum memanggil seorang ahli.

Sebaiknya sediakan sejenis pembersih saluran pembuangan dan gunakan secara teratur untuk membersihkan pipa Anda. Ini akan mencegah saluran tersumbat sepenuhnya. Apakah saluran pembuangan benar-benar tersumbat atau hanya sebagian yang tersumbat, pengobatan pertama Anda harus menjadi penyelam. Ini mudah ditemukan di beberapa toko perangkat keras dan seharusnya menjadi bagian dari perkakas rumah tangga Anda. Plunger menggunakan hisap dan tekanan untuk melonggarkan penyumbatan. Untuk mempermudah pekerjaan Anda, lapisi pinggiran luar dengan petroleum jelly.

Mulailah dengan meletakkan plunger di atas saluran pembuangan, pastikan mangkuk atau wastafel terisi air. Gerakkan plunger ke atas dan ke bawah dengan keras beberapa kali. Saat sumbatan telah dikeluarkan, air akan mengalir keluar dari mangkuk atau toilet.

Seperti yang dibicarakan, memiliki pembersih saluran pembuangan di tangan bisa sangat berguna. Ini harus menjadi tindakan kedua Anda. Singkirkan air yang menggenang dari baskom. Pastikan untuk mengikuti semua petunjuk pada botol pembersih. Biarkan pembersih selama beberapa jam atau bahkan semalaman sebelum dibilas. Jika saluran masih tersumbat, basuh saluran dengan air yang sangat panas dan ulangi.

Jika kebetulan metode di atas gagal, Anda dapat memeriksa U-trap. Ini adalah bagian pipa yang berbentuk seperti “U” yang terletak di bawah bak cuci. Akan ada steker yang bisa Anda buka dengan kunci inggris. Pastikan memiliki ember untuk menampung air berlebih. Ambil seutas kawat untuk menggosok bagian dalam jebakan, pasang gasket baru untuk menjaga kedap air.

Jika tidak ada prosedur ini yang berhasil, hubungi profesional Sedot WC Padang. Anda mungkin mengalami masalah yang lebih parah yang lebih mampu ditangani oleh profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *