Are you interested in our grey wedding invitation? With our modern  calligra… | Minimalist wedding invitations, Dreamy wedding invitations,  Wedding invitation designDi dunia yang didominasi oleh perpesanan instan dan aplikasi seperti Snapchat, semua orang hanya perlu SMS.

Anda tidak perlu lagi menulis surat atau mengirimkan undangan acara. Anda cukup meletakkan teks yang mengatakan, “Saya mengadakan pesta di tempat saya, Sabtu – 9 malam. Sampai jumpa di sana. x ” dan pekerjaan selesai!

Jadi, mengapa kita bahkan mempertimbangkan untuk menulis surat undangan?

Nah, ada beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menginvestasikan waktu Anda dalam menulis surat untuk mengundang orang ke pesta atau acara Anda. Mari kita lihat …

Pertama dan terpenting, dan sangat mungkin alasan terpenting mengapa Anda perlu membuat surat undangan Anda, adalah karena mereka mengatur nada untuk acara Anda. Betul sekali! Kesan pertama benar-benar kesan terakhir dalam hal surat undangan.

Sekarang, jika acara Anda benar-benar profesional, mengirimkan pesan teks ke tamu Anda tidak akan tepat. Anda HARUS mengirimkan surat undangan resmi untuk memberikan kesan bahwa acara Anda sangat profesional dan harus ditanggapi dengan serius.

Apalagi? Surat undangan juga sangat informatif . Anda mendapat kesempatan untuk memasukkan semua detail tentang acara Anda, dari lokasi hingga waktu, dan dari kode pakaian hingga tema pesta.

Anda tidak meninggalkan ruang lingkup kebingungan bagi para tamu, dan itu hanya untuk menunjukkan seberapa baik acara Anda harus diatur!

Bagaimana Anda tahu jika suatu acara itu bagus?

Sederhana! Ketika para tamu lebih bersemangat daripada tuan rumah tentang suatu acara, Anda tahu bahwa acara Anda sukses bahkan sebelum dimulai!

Ini membawa kita ke alasan berikutnya – ANTISIPASI! Betul sekali! Surat undangan sangat bagus untuk membangun antisipasi untuk acara Anda. Semakin bagus surat undangannya, semakin seru!

Oke, kami harap Anda sudah bersemangat untuk menulis surat undangan Anda sendiri setelah kami memberi Anda semua alasan itu. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai dengan apa sebenarnya surat undangan itu. Baca terus!

 

Apa itu Surat Undangan? (Definisi)

Mulai dari yang paling dasar, surat undangan adalah surat yang ditulis untuk mengundang individu ke acara tertentu. Mereka bisa ditulis untuk pernikahan, upacara wisuda, pameran, atau hari tahunan … pada dasarnya, apa pun di mana Anda membutuhkan orang untuk datang!

Pada dasarnya, ada dua jenis surat undangan – formal dan informal. Surat undangan formal ditulis untuk acara formal seperti upacara wisuda, atau acara bisnis atau pesta. Di sisi lain, surat undangan informal ditulis untuk teman atau keluarga, untuk acara seperti makan malam, pesta, atau kumpul-kumpul!

Tujuan utama penulisan surat undangan adalah untuk mengkoordinasikan jumlah tamu yang datang beberapa hari sebelum tanggal acara. Surat undangan membantu tuan rumah menangani acara dengan lebih baik karena mereka dapat membuat pengaturan yang sesuai.

Sekarang setelah kita mengklarifikasi konsep dasar di balik surat undangan, mari selami proses langkah demi langkah lengkap tentang cara menulis surat undangan! Mari kita pergi!

 

Bagaimana Cara Menulis Surat Undangan? (Langkah)

Surat undangan ditulis persis seperti huruf biasa kecuali untuk beberapa detail di sana-sini. Meskipun demikian, mari kita lihat semua langkah yang terlibat dalam proses menulis surat undangan…

Langkah 1. Tulis baris subjek (jika Anda mengirim email)

Baris subjek Anda harus berisi inti dari surat Anda. Misalnya, jika Anda perlu mengundang orang tua dari angkatan kelulusan sekolah menengah Anda, baris subjek Anda harus terlihat seperti – “Undangan untuk upacara kelulusan Kelas 2020”

 

Langkah 2. Tambahkan kop surat Anda

Langkah ini adalah suatu keharusan saat Anda menulis undangan resmi. Anda hanya perlu menambahkan kop surat organisasi Anda di bagian paling atas surat. Kop surat melambangkan prestise organisasi Anda secara profesional.

 

Langkah 3. Sebutkan Alamat Pengirim

Hal pertama yang perlu Anda sebutkan tepat setelah menambahkan kop surat Anda (hanya untuk surat undangan resmi) adalah alamat pengirim. Ini juga merupakan langkah yang sangat penting karena ini adalah alamat di mana para tamu akan mengirimkan RSVP mereka.

 

Langkah 4. Tulis Tanggal

Setelah menyebutkan alamat pengirim, Anda perlu menyebutkan tanggal pengiriman undangan

Anda dapat menyebutkan tanggal dalam format apa pun yang Anda inginkan – 12/07/2020 atau 7 Desember 2020 atau 7 Desember 2020.

Langkah 5. Sebutkan Alamat Penerima

Langkah selanjutnya adalah menyebutkan alamat penerima, bersama dengan menuliskan nama mereka.

Langkah ini memastikan bahwa penerima dapat yakin bahwa merekalah yang diundang ke acara tersebut. (Kami hanya bercanda, tentu saja.)

 

Langkah 6. Sertakan Salutation

Selalu mulai surat Anda dengan salam. Anda dapat menulis – Dear Madam / Sir jika Anda tidak tahu nama penerima. Jika Anda mengetahui nama penerima, tulis nama depan dan belakang mereka, dan tambahkan salam di depannya. Misalnya, ‘Dear Elizabeth Brown’.

Akhiri salam dengan koma dan lewati satu baris. Anda harus selalu berusaha mencari tahu nama lengkap orang yang Anda kirimi surat itu.

 

Langkah 7. Tuliskan Bagian Utama Surat itu

Anda harus selalu memulai surat undangan Anda dengan frasa seperti…

  • Kami senang menyambut Anda…
  • Organisasi kami akan dihormati untuk menyambut Anda sebagai tamu …
  • Akan sangat menyenangkan bagi kami jika Anda bisa datang…
  • Kami akan senang jika Anda bisa datang ke…
  • Atas nama organisasi kami, kami ingin menyambut Anda…

Menulis frasa seperti ini di awal surat menunjukkan rasa hormat dan kebahagiaan Anda dalam mengundang seseorang ke acara tersebut. Setelah Anda menulisnya, tentukan maksud acara dengan jelas di paragraf pertama itu sendiri.

Sebutkan detail terpenting seperti tanggal, waktu, dan tempat di paragraf pertama itu sendiri. Informasi ini harus dapat diakses di awal surat karena akan lebih mudah bagi penerima untuk menemukan detail penting ini tanpa membaca seluruh surat lagi.

Di paragraf kedua, Anda harus menandai diri Anda sebagai pembawa acara. Anda harus menjelaskan tujuan acara dan mengapa Anda yakin acara itu perlu dihadiri oleh penerima.

Selain itu semua, lebih banyak informasi dapat dilampirkan terkait acara tersebut. Misalnya, jika ada program untuk acara tersebut, lebih baik disebutkan di dalam teks itu sendiri. Selain itu, jika beberapa tamu atau acara khusus telah direncanakan untuk acara tersebut, mereka juga dapat dicantumkan di surat.

Anda dapat memberikan petunjuk tambahan untuk acara tersebut karena beberapa acara memerlukan tindakan khusus dari semua tamu. Contohnya…

  • Para tamu mungkin diminta untuk mengisi formulir pendaftaran
  • Mereka mungkin diminta untuk mendapatkan salinan surat undangan
  • Mereka mungkin diminta untuk membawa benda atau dokumen tertentu
  • Para tamu mungkin diharapkan untuk muncul dengan kode berpakaian tertentu

Jika acara Anda sedemikian rupa sehingga menyiratkan bahwa tamu harus membawa hadiah, tetapi Anda tidak ingin menerimanya, Anda harus menyebutkan, “Tolong jangan hadiah”. Dalam kasus lain, jangan sebutkan apa pun.

Itu sebagian besar tentang cara menulis bagian utama surat undangan yang sempurna. Sebagai kesimpulan, undangan Anda HARUS berisi detail penting berikut:

  • Alasan acara tersebut
  • Lokasi
  • Tanggal dan hari penyelenggaraan acara
  • Saatnya Tiba
  • Daftar program dan acara khusus
  • Permintaan balasan (RSVP)
  • Peta (Opsional)

 

Langkah 8. Sertakan penutup dan tanda tangan

Ungkapkan rasa terima kasih Anda kepada penerima karena telah mempertimbangkan undangan Anda. Sebutkan bahwa Anda sangat menantikan atau melihat mereka di acara tersebut. Jika Anda akan menelepon orang tersebut untuk mendapatkan tanggapan dari mereka, sebutkan tanggal Anda berencana untuk melakukan panggilan itu.

Jika Anda ingin penerima mengonfirmasi kehadiran mereka melalui email atau dengan mengisi formulir, tunjukkan tenggat waktu yang Anda harapkan dari mereka untuk mengkonfirmasi kehadiran mereka.

Setelah menulis semua ini, tulis informasi kontak Anda (email, nomor telepon, dll.). Sebutkan penunjukan Anda jika Anda menulis surat undangan resmi atas nama perusahaan. Dengan cara ini setiap individu dapat dengan mudah menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan terkait acara Anda.

Langkah 9. Koreksi Surat Anda

Lihat terakhir surat Anda sebelum Anda mengirimkannya! Pastikan tata bahasanya benar, tanda baca baik-baik saja, dan tidak ada kesalahan ejaan. Selain itu, pastikan teks Anda tidak menyertakan kalimat atau kata jargon yang tidak lengkap.

Oke, jadi sekarang Anda tahu semua langkah untuk menulis surat undangan yang sempurna. Jika Anda ingin lebih praktis Anda bisa membuat undangan Anda dengan free invitation templates.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *